Borobudur

Panassss!!! begitulah cuaca yang terasa pada saat di sekitar borobudur, panas sekali. Sampe-sampe saya sewang payung, maklum takut kena kanker kulit. hehhe,.. Sewaktu saya berkunjung keborobudur, dibeberapa tempat terlihat sedang dalam proses perbaikan. Wah..sudah tua sekali ya ini bangunan prasejarah..
Spot dalam perbaikan

Setelah mengunjungi candi Budha terbesar di dunia, sangat mudah difahami mengapa tempat ini menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Daftar Tujuh Keajaiban Dunia telah berganti berulang kali dan sering kali Borobudur termasuk di dalamnya.UNESCO memasukkan bangunan ini dalam daftar Warisan Budaya Dunia pada 1991 dan berperan besar dalam mengembalikan kemegahan Borobudur.

Bangunan candi berbentuk piramid yang dibuat dari batu – batu besar, dibangun di atas bukit dikelilingi bukit dan lembah. Bangunan candi bertingkat mencerminkan tahapan pencerahan.

Pada teras bawah yang berbentuk segi empat, relief pada batu candi menceritakan tentang Sutra Budha. Seluruhnya terdapat  1,460 adegan.
Teras di atasnya berbentuk lingkaran dengan patung Buddha duduk dalam stupa. Relief pada teras ini jauh lebih sederhana, mencerminkan pencerahan jiwa.
504 patung Buddha duduk memandang alam sekitarnya dengan berbagai sikap tangan.

Puncak candi dihiasi satu stupa besar berdiameter hampir 10 meter. Sekarang tidak terdapat apapun di dalamnya, masih menjadi pertanyaan apakah keadaan ini merupakan keadaan yang sebenarnya atau bukan.
Ternyata masih terdapat satu teras yang tersembunyi pada dasar candi. Relief pada teras ini menggambarkan aneka bentuk angkara.  Tour Guide yang disediakan disana memang sudah luar biasa hafal dengan ini candi, mungkin sebelum kerja disini sebagai tour guide, dia baca dulu kali ya buku sejarahnya.. hahaha

Borobudur menyajikan perpaduan indah seni arsitektur India dengan filosofi tradisional pada bangunan ibadah Indonesia. Dilihat dari atas, Candi Borobudur melukiskan bentuk Mandala, suatu penggambaran kosmos yang disajikan berulang sebagai suatu cara meditasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s