Bagaimana Agar Kebiasaan Berbelanja Menjadi Lebih Bijak

Langkah pertama untuk mengendalikan kebiasaan-kebiasaan belanja anda yang biasa dilakukan yaitu mengetahui bagaimana, kapan, dan mengapa anda memutuskan untuk mendapatkannya di tempat pertama. Ambil catatan anda dan simpan daftar berjalan anda mulai dari berapa kali anda pergi berbelanja selama seminggu. Termasuk jumlah waktu yang dihabiskan, apa saja yang anda beli (Anda dapat menggunakan kategori umum, tetapi cukup rinci), dan pada hari apa biasanya anda pergi. Perhatikan saat anda pergi sendirian, dengan pasangan atau mungkin dengan teman anda, apa yang anda rasakan saat  sedang berbelanja, apakah anda pergi karena anda punya sesuatu yang spesifik untuk dibeli, dan apakah anda fokus kedalam tujuan utama anda ketika anda berangkat dari rumah atau pulang dengan item lain dan membawa sesuatu yang sama sekali tidak anda niatkan untuk membelinya ketika akan pergi dari rumah.

Berikutnya, coba anda lihat di sekitar rumah anda, lihat semua barang-barang anda, dan tanyakan pada diri anda dari mana asalnya. Jika anda membelinya, coba ingat-ingat bagaimana anda memiliki keputusan untuk membelinya. Seberapa sering anda menggunakannya? apakah benda-benda tersebut benar-benar memenuhi kebutuhan hidup Anda? adakah dampak signifikan jika benda itu hilang atau dicuri?

Disini saya tidak mengatakan anda harus menutup telinga anda setiap kali anda mendengar sebuah iklan, atau meminta anda untuk mencabut kabel TV anda dan meletakkannya di atas genteng. Bahkan saya sangat tidak menyarankan anda untuk melewatkan membaca koran, majalah, atau mendengarkan radio. Intinya saya hanya ingin yang anda lakukan adalah menjadi lebih sadar akan pembujuk tersembunyi disekitar anda, dan mengambil kendali menjadi lebih sadar akan keputusan-keputusan yang akan anda ambil dalam membeli sesuatu benda, “be wise”. Ini adalah sebuah langkah penting pertama dalam mengorganisir hidup anda.

Jadilah lebih kritis terhadap cara anda melihat atau mendengarkan suatu iklan di media massa. Waktu anda melihat sebuah iklan di media apapun, berikut adalah beberapa pertanyaan penting untuk membantu anda menjadi”konsumen kritikus”:

  1. Apa ada klaim terhadap iklan tersebut?
  2. Metode apa yang digunakan untuk mempengaruhi pemikiran Anda? penetapan harga? gambar yang menarik? sedang trend? demonstrasi? dihadirkannya testimonial? tekanan teman? keharusan studi ilmiah? rasa bersalah? takut?
  3. Apa inti iklan tersebut? yang secara langsung berkaitan dengan produk?
  4. Seberapa banyak anda mengetahui tentang produk dari iklan tersebut?
  5. Ada beberapa item yang sudah anda miliki yang mempunyai fungsi yang sama baik atau lebih baik?
  6. Jika hal ini begitu berpengaruh , bagaimana hidup anda tanpa itu sejauh ini?

Buatlah suatu permainan ketika anda pergi berbelanja dengan pasangan anda atau anak-anak untuk menjaga pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran. cara ini, akan membantu anda untuk berpikir kritis yang berbeda saat anda mengasah kemampuan Anda sendiri.

Salam Hangat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s