Usaha Dengan Niat Yang Ikhlas

Dengan niat yang ikhlas, semua bentuk pekerjaan akan berubah menjadi ibadah dan kehidupannya akan tertata rapih mengikuti arus ketaatan menuju karunia Allah. Oleh karena itu setiap apa yg kita lakukan, baik dalam ibadah maupun muamalah, hanya ditujukan untuk mengharap pahala dan keberkahan Allah semata, bukan untuk pamer, sombong, atau mendapatkan pujian manusia.
Ikhlaskan semua niat karena Allah

Karena itu niat yang ikhlas hanya ditujukan kepada Allah seperti yg diperintahkannya, sebagaimana firmannya, “padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya beribadah kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepadanya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS Al-bayyinah : 5)

 Dan sesungguhnya manusia akan mendapatkan balasan dari apa yang diniatkannya, karena itu Rasulullah bersabda “sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang akan mendapat balasan dari perbuatannya sesuai dengan niatnya.” (Al-mughni ii : 560)
Adapun keinginan tulus untuk berbuat baik terhadap orang lain, berarti ikut andil memenuhi kebutuhan masyarakat, serta memberi kesempatan kerja kepada orang lain. Dan termasuk niat berbuat baik terhadap orang lain adalah turut berperan dalam membebaskan umat islam dari ketergantungan kepada umat lain, membebaskan dari praktik perbudakan, imperialisme atau penjajahan, membebaskan atau menolong kaum muslimin dari jeratan utang, dan sebagainya. Sehingga bagi para Pengusaha membuat sebuah tempat usaha untuk memberi lapangan kerja, baik berupa perusahaan, pabrik atau sebagainya adalah hukumnya Fardhu Kifayah.
Oleh karena itu, dengan niat yang tulus nan ikhlas hanya untuk beribadah kepada Allah, maka akan meringankan setiap langkahnya mewujudkan kejayaan umat islam dan mengangkat mereka dari keterpurukan dan kemunduran. Ia tidak akan merusak hati dan pikirannya dengan sifat serakah, culas, atau menyembunyikan maksud licik dari setiap tindakannya untuk keuntungan pribadi. Sehingga, apa pun hasil dari yang diikhtiarkannya akan senantiasa diterima dengan lapang. Saat usahanya berhasil maka ia akan bersyukur dan saat belum diberikan hasil maka ia senantiasa bersabar.
Berusaha dan berbisnis dengan niat ikhlas hanya mencari ridha Allah adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan. Dan niat itu sendiri sebagaimana sering dikatakan orang adalah bisnisnya para ulama. Mengapa? Karena pahala dari satu amal kebajikan bisa bertambah menjadi berkali-kali lipat karena tergabungnya berbagai niat tulus dalam satu waktu. Dan hal itu sangat mudah bagi orang yang diberi kemudahan oleh Allah Ta’ala.

One thought on “Usaha Dengan Niat Yang Ikhlas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s