RUU Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) Menemui Titik Terang

Suasana pembagian zakat
Setelah rapat paripurna DPR terkait RUU pengelolaan zakat, infaq, dan shodaqoh yang akan dijadikan UU untuk hukum positif Indonesia, DPR telah memberikan persetujuan mengenai hal itu. Persetujuan tersebut dinyatakan langsung dari meja pimpinan sidang dan seluruh fraksi yang ada di DPR menyatakan setuju RUU tentang ZIS menjadi UU.
Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan ” Saya minta kepada seluruh fraksi agar pendapat akhir fraksi masing-masing melalui juru bicaranya dapat menyerahkan pendapat akhir fraksinya ke meja pimpinan.”
Sementara Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Gondo Radityo Gambiro (F-PD) dalam Laporannya mengatakan, Rapat Paripurna Dewan merupakan momentum bersejarah setelah 66 tahun bangsa kita merdeka. “Insya Allah hari ini bangsa Indonesia akan melakukan perubahan besar dalam sistem hukum positif tentang pengelolaan zakat,” katanya.
Adapun di dalam rancangan undang-undang ini diatur bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Baznas, Baznas provinsi dan Baznas kabupaten/kota dapat membentuk Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) pada instansi pemerintah, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta dapat membentuk UPZ pada tingkat kecamatan, kelurahan atau nama lainnya dan dapat ditempat lainnya.
Kemudian akan dibentuk suatu Badan Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (BPZIS), kemudian Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (LAZIS), dan Unit Pengumpulan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (UPZIS). Ketentuan-ketentuan tersebut tercantum di RUU pengelolaan zakat, infaq, dan shodaqoh, juga mengenai persyaratan-persyaratan untuk Badan-badan tersebut.
Mudah-mudahan dengan rencana dikeluarkannya UU tentang pengelolaan zakat, infaq, dan shodaqoh membuat kita menjadi lebih semangat dalam beramal, dan tentunya lebih tenang. Karena sudah ada wadah untuk menyalurkan amanah yang telah kita berikan untuk tambahan ibadah. hehe
Sekian dulu dari saya,, mohon maaf jika ada kesalahan, harap maklum yee..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s