Manfaat Juice Cabe

Bell Pepper
Mendengar kata cabe saja sudah identik dengan pedas, apalagi kalau dijadikan minuman seperti juice. hehe.. Tapi tahukah anda bahwa juice cabe ternyata memiliki beberapa manfaat kebaikan bagi kesehatan loh.  Terdapat 150 sampai 200 varitas yang telah diidentifikasi atau dikenal. dan mungkin masih banyak tumbuh di hutan-hutan terpencil di Meksiko atau di Amerika Selatan yang belum diidentifikasikan. Caballero Spanyol dengan nama El Capitan Gonzalo Fernandez de Oviedo y valdes (1478 – 1537) mencapai Amerika Tropis di Darien.

Adapun beberapa jenis Cabe yang dapat di konsumsi menjadi Juice antara lain :

  1. bell pepper (hijau dan merah)
  2. habanero
  3. jalapeno
  4. pimento
  5. tabasco
Kandungan gizi dari jenis-jenis cabe ini pun berbeda. Setiap jenis memiliki kandungannya masing- masing. Contohnya saja untuk satu jenis Bell pepper berisi 15mg kalsium; 36mg fosfor; 1,2mg zat besi; 21mg sodium; 349mg potasium; 690 I.U. vitamin A; 210mg vitamin C; dan 104mg magnesium. Sedangkan untuk Tabasco mengandung vitamin A, C, P, dan mineral seperti batu bara, fosfor, potasium, dan belerang yang sangat tinggi, dan sedikit mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi, dan sodium.
Manfaat kebaikan bagi kesehatan itu sendiri antara lain adalah untuk mengurangi masalah kegemukan dan Aids. Seseorang yang selamat dari Aids berumur lima tahun mengambil pendekatan yang sangat berbeda terhadap masalahnya. Setelah menemukan obat-obatan konvensional, yang menawarkan sedikit harapan, ia mengalihkan perhatiannya pada makanan panas dan kesukaan yang di penuhi dengan cabe. Ia menulis: “Sekitar dua hari, saya makan makanan yang sangat pedas dari suatu makanan beberapa negara yang menggunakan bumbu pedas, seperti Meksiko, Brasil, Birma, Cina(Szechuan/Hunan), Thailand, dan Korea. Masing-masing masakan berdasarkan pada bumbu-bumbu lokal, yang berbeda dengan yang lain, dan sepertinya mempengaruhi mikroorganisme yang berbeda dengan cara yang berbeda pula. Pengaruh paling dramatis adalah dari kubis yang diasamkan dan mempunyai rasa pedas milik orang Korea, yang dinamakan Kim-chi, di sana terdapat banyak cabe. Saya telah menemukan bahwa kebanyakan orang-orang yang selamat dalam jangka waktu lama dari suatu penyakit juga memakan pedas dan Kim-chi paling tidak sekali dalam setiap minggu”. Dan apa hasil dari eksperimennya ini? “Empat tahun lalu, saya seperti akan mati, dan beberapa tetangga telah menanyakan apartemen saya pada pemiliknya, dan kemudian berat saya mencapai 10 pon, dan saya mempertahankan berat badan dengan terus naik selama setahun lebih. Seringkali orang-orang mengeluh betapa bagusnya penampilan saya. Orang yang sama juga berpikir bahwa saya telah meninggal beberapa tahun lalu. Mereka berkata pada saya bahwa saya terkena AIDS beberapa tahun yang lalu, tetapi karena kondisi saya yang semakin lama semakin membaik mereka tahu bahwa itu bukan AIDS”. Cerita yang luar biasa terbit dalam Journal of Orthamoleculer Medicine (5:1:25-31,1990) di bawah opera dengan nama samaran Calaph Timmerson.
Untuk kegemukan sendiri kapasitas cabe yang kita makan dalam jumlah besar akan menghancurkan lemak di dalam tubuh anda oleh suhu panas yang terjadi di dalam perut.
Selamat Mencoba ya,… Mudah-mudahan ngga buang-buang air.. hehehe

Sumber: Encyclopedy Juice by John Heinerman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s