Menekuni Usaha Yang Halal

Allah Menghalalkan yang baik-baik dan mengharamkan yang buruk-buruk bagi para hambanya. Dan seorang Pengusaha tidak boleh keluar dari bingkai yang satu ini. Walaupun yang haram itu menguntungkan dan sangat menggiurkan baginya, pengusaha muslim tidak boleh tergelincir dari yang halal ke yang haram hanya karena mengejar keuntungan. Sebab, segala yang dihalalkan justru dapat menjadi kompensasi yang baik dan penuh berkah dan segala yang dihalalkan dapat menggantikan yang diharamkan.

Sungguh keberkahan Allah tidak dapat dicari dengan cara yang haram, ini kunci. Maka pengusaha muslim senantiasa menjadikan keridhaan Allah Ta’ala sebagai tujuan. Dan hal ini yang membedakan pengusaha muslim  dengan pengusaha lainnya. Di saat pengusaha lain menghalalkan segala usaha dengan segala cara, pengusaha Muslim akam tetap berpegang dengan rambu-rambu syariah. Sehingga pengusaha muslim tidak akan bisa menyamakan antara perjudian dan pembangunan, tidak akan berniaga hal-hal yang diharamkan, seperti daging babi, minuman keras, narkoba, rokok, transaksi riba, dan perniagaan lain yang diharamkan.

Pengusaha Muslim sadar, bahwa yang diharamkan dan yang membahayakan hanya akan menimbulkan kerugian. Ia senantiasa menjaga kebersihan diri dan hartanya dari hal-hal yang haram, sehingga darah dagingnya, keluarganya, dan karyawannya akan tumbuh dari rezeki yang diridhai Allah. Ia akan selalu menjaga generasinya sehingga bisa menjadi penerus dan penebar kemaslahatan dan keshalihan. Oleh karena itu, di saat Allah menyuruh hamba-hambanya untuk makan dan menafkahi keluarganya dengan makanan yang halal dan menyeruh mereka melakukan amal shalih, maka mereka pun menurutinya.

Pengusaha Muslim memandang, bahwa usaha yang dijalaninya adalah bak mata air yang jernih. Maka ia selalu menjaga kesuciannya agar selalu memancarkan rezeki yang penuh berkah dan nikmat, pada akhirnya hal itu akan menenangkan dan membahagiakan orang-orang disekelilingnya, bahkan umat manusia secara keseluruhan.

Narasumber: Zainal Abidin bin Syamsudin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s