Mengapa Ban Belakang Lebih Sering Bocor Dari Ban Depan

Ketika sedang asik mengendarai motor, tiba-tiba saya kepikiran didalam hati kenapa sih kalau motor bocor itu yang lebih sering bocor ban belakang. Malah saya seumur-umur ngga pernah tuh ngalamin yang namanya ban bocor bagian depan. Kemudian sampe dirumah ane cari aja tuh di si mbah google, karena saking penasarannya. Dapet deh pengertiannya kaya begini :

Banyak benda tajam, terutama yang berserakan di jalanan seperti paku atau potongan logam, lebih sering masuk ke ban belakang daripada ban depan. Hal ini dikarenakan ban depan selalu memposisikannya dengan tepat sehingga menusuk ban belakang.

Sebagai contoh kasus paku jarang masuk ke ban depan. Ketika terjatuh, sering paku akan jatuh dengan posisi bagian yang tajam mengarah ke arah asal kendaraan, karena kepala paku akan jatuh terlebih dahulu. Ketika terlindas ban depan, paku akan tegak untuk sementara waktu dengan posisi bagian runcing di atas, dan di waktu yang sama ban belakang akan melindasnya.

Hal ini diperparah ketika kondisi ban basah karena hujan, karena potongan logam agan lebih mudah menancap di permukaan karet basah daripada kering

Deskripsi Gambar

Jadi kira-kira seperti itu lah proses mengapa ban belakang lebih sering bocor ketimbang ban depan. Kalau ban depan yang bocor mungkin kita juga lebih repot kali ya? soalnya biasanya kan kita nariknya pake ban depan, nah ini kebalikannya.

 

Disadur dari link  : http://www.sheldonbrown.com/brandt/rear-flats.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s