Wajib Tahu agar Sukses Interview

Setelah melakukan networking, mengirimkan resume, dan menunggu dengan sabar panggilan wawancara kerja, akhiri usaha Anda dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Untuk mengetahui kesiapan Anda dalam menangkap peluang kerja, perhatikan cara berikut ini.

1. Saya akan terlihat desperate bila terlalu heboh melakukan persiapan.(Benar/Salah?)

Salah. Tak ada yang lebih buruk dari orang yang diwawancara tanpa persiapan apa pun. Fakta juga menunjukkan lebih banyak orang yang berhasil berkat persiapan yang mereka lakukan. Pelajari informasi mengenai perusahaan yang akan dimasuki serta keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk posisi yang diincar. Hal ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan seperti, “mengapa Anda ingin bekerja di sini?”. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan saat tiba giliran Anda bertanya.

2. Tempatkan diri Anda seolah Anda adalah pewawancara agar bisa melihat darisudut pandangnya.

Benar. Biasanya, pewawancara punya jadwal yang ketat. Anda mungkin saja adalah orang ke-10 yang ditanyainya selama tiga jam terakhir. Karena itu, berikan jawabanyang ringkas, tepat, dan tidak bertele-tele.

3. Berlatih menjawab pertanyaan tipikal.

Benar. Melatih jawaban-jawaban yang akan Anda berikan dalam menjawab pertanyaan ‘standar’ interview adalah hal yang penting. Minta teman mengevaluasi cara Anda menjawab pertanyaan.

4. Harus menjawab jujur.

Benar/Salah. Anda memang tak disarankan untuk berbohong hanya untuk memesona si pewawancara. Tapi, sebaiknya Anda juga tidak membuka semua kelemahan yang dimiliki. Bila ada “dosa” di kantor lama, tunjukkan pula bahwa Anda telah mengambil pelajaran dan siap membuka lembaran baru.

5. Wawancara kerja bersifat komunikasi satu arah, seperti talk show.

Salah. Wawancara kerja yang bersifat satu arah akan membuat kedua belah pihak merasa lelah. Karena itu, persiapkan diri untuk memberi pertanyaan balik yang relevan.

6. Pewawancara mampu melihat ketakutan kita.

Benar. Para pewawancara memang punya kemampuan dalam menilai rasa percaya diriAnda. Bahasa tubuh Anda mencerminkan tingkat kepercayaan diri. Karena itu hindari sikap keragu-raguan, apalagi ketidaktahuan, seperti menjawab dengan nada suara bergetar, atau menggaruk kepala karena tidak yakin dengan jawaban yang diberikan.

7. Kelebihan saya akan tetap terpancar meski saya memakai baju seadanya.

Salah. Suka atau tidak, apa yang Anda kenakan saat wawancara sangat menentukan impresi orang terhadap Anda. Sebelum hari H, cari tahu dress code yang berlaku diperusahaan tersebut. Bila Anda tak punya informasi, pilihlah pakaian yang formal. Berdandanlah sepantasnya dan tidak berlebihan untuk mencerminkan sikap profesional.

8. Mengajukan kompensasi minimal saat interview sebaiknya dihindari.

Benar. Sangat beresiko bila saat interview Anda sudah mengajukan syarat gaji dan tunjangan yang diinginkan. Sebelum ada lampu hijau bahwa Anda adalah kandidat yang tepat, hindari meminta nominal gaji, kecuali bila memang ditanya. Tunjukkan pula sikap negosiasi dalam subjek ini.

9. Terlambat 5 menit tidak apa-apa, semua orang maklum betapa macetnya Jakarta.

Salah. Untuk pewawancara memang tak masalah bila mereka terlambat, tapi sebagai pihak yang diwawancara sebaiknya Anda datang 5-10 menit lebih awal. Meski Anda punya alasan kuat untuk datang terlambat, pewawancara akan menilai cara Anda sebagai calon kandidat yang kurang tepat.

 

http://www.kompas.com/read/xml/2009/02/17/14311961/wajiab.tahu.agar.sukses.interview

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s