Penghematan Beterai Dalam Ponsel Android

Mungkin kita suka bergumam dalam hati “baterai gue kok boros banget sih”, nah saya mau coba sharing nih bagi yang belum tahu. Ada beberapa cara jitu yang bisa kita lakukan untuk menghemat baterai di ponsel Android anda, seperti mematikan koneksi-koneksi nirkabel yang sedang tidak digunakan seperti Wifi dan Bluetooth. Jika anda tidak menggunakan koneksi data terus menerus, ada baiknya juga menonaktifkan “Always-On” Mobile Data. Masuk ke opsi Setting > Wireless & Networks > Mobile networks, kemudian hilangkan tanda centang pada Enable always-on mobile data.Ketika non aktif, anda tetap mendapatkan push Gmail, serta MMS, SMS dan telepon seperti biasa.

Kemudian tips lain, anda bisa mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Aplikasi yang sedang aktif tersebut dapat dilihat dari menuSetting>Application setting>Running service.

Bisa juga dari segi pengaturan Layar ponsel anda, dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Gunakan selalu pilihan kecerahan otomatis dengan cara mengaksesnya dari Setting>Sound & Display brightness. Atau dengan cara menentukan nilai yang cukup rendah pada setting layar ponsel anda.

Waktu time out screenjuga berpengaruh, time out screen adalah jumlah waktu tak ada aktivitas hingga layar di non aktifkan. Disarankan gunakan pilihan waktu yang cukup pendek, misalnya 30 detik saja. Waktu 30 detik cukup optimal, karena 1 menit masih memakan daya lumayan banyak, sedangkan waktu 15 detik kurang nyaman karena layar terlalu cepat mati.

Yang terakhir adalah hindari penggunaan Live Wallpaper, walaupun tampilannya yang keren begitu menggoda, tetapi fitur ini mengkonsumsi daya terlalu banyak. Jika layar yang digunakan berjenis Amoled, wallpaper berwarna gelap akan lebih ramah terhadap baterai.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda pengguna ponsel Android.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s